ABSTRAK
Novita Sari, 216.02.161 Pengaruh Penguasaan Konsep Oleh Dosen Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa (Studi kasus pada STIE Trianandra Unit Ruang Kelas Kalideres). Jurusan Manajemen (dibimbing oleh Bapak Darmin Dafid dan Bapak Amir Riani).
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh penguasaan konsep oleh dosen terhadap hasil belajar mahasiswa di STIE Trianandra Kalideres, sehingga tujuan dari penelitian ini adalah seberapa pengaruhnya hasil belajar mahasiswa yang terjadi di STIE Trianandra Kalideres.
Populasi dari penelitian ini dari Mahasiswa STIE Trianandra unit ruang kelas kalideres yang berjumlah 46 orang. penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif expost facto, dimana diperoleh hasil penelitian yang diperolah adalah Output analisis regresi pada tabel Coefficient diatas, Nilai Contstant/intercept (a) diperoleh 44,622, nilai slope/koefisien regresi (b) diperoleh 0,529 dengan nilai Sig.0,00, dengan demikian persamaan regresinya dapat ditulis = a + bX = 44,629 – 0,529 X, maka dapat di interpretasikan bahwa jika skor variabel penguasaan konsep dianggap 0 atau tidak ada, maka nilai variabel hasil belajar hanya sebesar nilai dari 44,622, selanjutnya jika skor variabel penguasaan konsep meningkat satu poin maka nilai variabel hasil belajar akan meningkat sebesar 0,529 (menurun 0,529 atau52,9%). Kemudian hipotesis diperoleh hasil t hitung = -4,641, dengan sig. 0,00 = a = 0,05, yang artinya variabel penguasaan konsep berpengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa dengan besar pengaruh ditentukan menggunakan analisis jalur (Parth Analiysis) sebesar 0,529, karena besar pengaruh lebih kecil dari standart Error 0,101 maka pengaruh yang diberikan adalah pengaruh negatif. Maka besar kemampuan variabel penguasaan konsep dalam menjelaskan varians dari variabel penguasaan konsep sebesar 38,3% sedangkan sisanya 61,7% disebabkan oleh faktor lain.
Kata Kunci : Penguasaan Konsep, Civitas Akademik, Hasil Belajar